Rabu, 18 Mei 2016

Tugas 4 Interview Perusahaan Jasa (SERVICE)

Oleh : Mohammad Ardianto 
Nim : 14201010 
Jurusan : Teknik Informatika 
Dosen Pembimping / fasil : Azwar Riza Habibi, S SI, M S



PERUSAHAAN JASA

Perusahaan   jasa   adalah   perusahaan   yang   kegiatannya   ekonominya   menjual

dalam  bentuk jasa. Contoh perusahaan jasa adalah perusahaan travel, salon, dan

asuransi.

Perusahaan jasa  merupakan sebuah jenis usaha yang memberikan pelayanan dan tidak menjual produk dalam wujud barang. Produk yang dihasilkan perusahaan semacam ini lebih bersifat tangible atau tidak terlihat. Selain itu, nilai dari produk yang dihasilkan tidak bisa diukur secara kuantitatif, melainkan hanya bisa dirasakan secara kualitas.

Contoh  perusahaan  jasa  ini  misalnya  perusahaan  taksi   atau  jasa  ekspedisi. Kedua perusahaan ini memberikan produknya dengan melayani pengiriman barang atau mengantarkan seseorang hingga ke tempat tujuannya. Inilah yang membedakan perusahaan jasa dengan perusahaan yang menjual produk seperti perusahaan yang memproduksi sabun mandi atau mobil. Perusahaan  jasa  ini  pada   dasarnya  bertujuan  untuk   membantu  suatu   pihak dalam   menyelesaikan  kepentingan   mereka.   Seperti   perusahaan   taksi,   mereka membantu seseorang untuk bepergian.
Foto Narasumber

SERVICE ELECTRONIK “CAKALANG ELEKTRONIK”
                 
     AKTIVITAS UTAMA
Aktivitas utama pada cakalang elektronik adalah jasa service berbagai macam alat elektronik, seperti TV, kulkas, Laptop, PC, mesin cuci, Kipas angina dan juga menjual peralatan elektronik. Di tempat tersebut hal yang paling utama adalah kepuasan pelanggan dengan servicenya. Jadi kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Cakalang elektronik juga sudah menyediakan pembayaran tunai dan kartu kredit. Media pemasaran yaitu toko sendiri dan juga menjual di berbagai situs online seperti olx.com. cakalang elektronik juga melayani panggilan jika pelanggan enggan membawa barang ke toko dan mengantarkan barang jika sudah selesai di service.
-        SISTEM
Seperti yang sudah di tulis di atas, dari segi sistem pembayaran sudah melayani tunai maupun kartu kredit. Sistem pelayanan yaitu antar jemput barang yang di service.
-           
      SOP
Di cakalang elektronik memiliki standar operasional prosedur yang dilakukan oleh pegawai di tempat tersebut. Yaitu pegawai datang dan mengecek barang yang akan dijual apakah stoknya masih atau tidak serta mengecek barang yg akan di service maupun yang sudah siap antar. Setelah service pegawai mengecek ulang apakah ada yg kurang dari service tersebut. Jika sudah dirasa selesai pegawai melakukan uji coba pada barang yang di service apakah sudah seperti yang di inginkan pelanggan. Setelah selesai mengantarkan barang yg sudah di service, pegawai membuat laporan service untuk di tunjukkan ke pemiik toko.
-        STRUKTUR
Struktur di cakalang elektronik ada 2. Yang pertama adalah pemilik toko yaitu bapak yanto selain pemilik pak yanto juga yang mengurusi bagian keuangan. Yang kedua, pegawai cakalang elektronik. Di cakalang elektronik ada beberapa pegawai, tugasnya ada yang menjaga toko, service tv, kulkas, dll dan ada yang service laptop dan PC. 
Gambar Narasumber 1

Gambar Narasumber 2

Gambar Narasumber3

Untuk lebih jelaskan langsung di lihat saja video di bawah ini







Tidak ada komentar:

Posting Komentar